by

Dua CJH Asal Muratara Menarik Kembali Uang Pelunasan Ibadah Haji

MURATARA-Pihak Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dipastikan tidak memberangkatkan Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2020, alasan pandemi Covid-19.

Berdasarkan Keputusan Menag RI Nomor 494 tahun 2020, tentang pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 1441 H/ tahun 2020 yang akan ditunda hingga pemberangkatan haji tahun 2021 nanti.

Kepala Kementerian Agama (Kankemenag) Muratara H Ikhsan Baijuri mengatakan, setelah ada keputusan dari Kementerian Agama pusat, penundaan keberangkatan CJH seluruh Indonesia.

Terhusus di Kabupaten Muratara sendiri, dari jumlah 90 CJH, dua diantaranya menarik kembali uang setoran pelunasan ibadah haji.

“Ada dua CJH kita yang menarik kembali uang pelunasan ibadah haji,”kata Ikhsan kepada Radarmuratara.com, kamis (25/6/2020)

lanjutnya, penarikan oleh dua orang CJH tersebut bukan uang hak untuk keberangkatan mereka pada tahun depan. Uang pelunasan ibadah haji saja mereka tarik.

Ikhsan menyebutkan, untuk prosedur penarik kembali uang pelunasan ibadah haji sudah disampaikan pihaknya beberapa hari setelah penerbitan surat keputusan penundaan keberangkatan CJH.

“Seluruh tahapan tersebut diperkirakan akan berlangsung selama sembilan hari. Dua hari di Kankemenag Kab/Kota. Tiga hari di Ditjen PHU. Dua hari di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Dan, dua hari proses transfer dari Bank Penerima Setoran ke rekening jemaah.”Pungkasnya (02)

 

 

Laporan : Hengki Pransis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed