by

Keberangkatan CJH Asal Muratara di Tunda Hingga Tahun 2021

-muratara-191 views

MURATARA-Seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) di Indonesia, terhusus CJH asal Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) harus mengurung niatnya untuk berangkat ke tanah suci makkah, disebabkan pandemi Covid-19 yang masih menjadi pandemi seluruh Negara didunia, keberangkatan akhirnya dilakukan penundaan hingga tahun 2021.

Melalui Kepala Kemenag Kabupaten Muratara, H Ikhsan Baijuri, memang benar pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 ini dibatalkan, berdasarkan Keputusan Menag RI Nomor 494 tahun 2020, tentang pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 1441 H/ tahun 2020 yang akan ditunda hingga pemberangkatan haji tahun 2021 nanti.

“Dikabupaten Muratara sendiri berjumlah 90 CJH. Mereka harus bersabar. Keberangkatan di tunda terlebih dahulu hingga tahun 2021,”katanya

Ia menyebutkan, pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun ini, karena mengingat pandemi Covid-19 masih melanda seluruh negara didunia, termasuk juga Arab Saudi sebagai tujuan jemaah haji.

“ Keselamatan CJH yang paling utama dalam ajaran agama Islam. Oleh karena itu, pemerintah membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 hingga masa keberangkatan haji tahun 2021 nanti,” jelasnya.

Lanjutnya, berdasarkan keputusan itu juga bagi jemaah haji yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH) tahun 2020, juga dapat mengajukan pengembalian setoran BIPIH dengan semua prosedurnya. Untuk yang masih ingin melanjutkan keberangkatan tahun depan, agar semua bersabar karena ini ketentuan dari Allah.

Ikhsan berpesan kepada semua CJH asal Kabupaten Muratara tingkatkanlah terus ibadah kepada Allah, ambil hikmahnya dan insya Allah tahun depan keberangkatan jemaah haji tidak ada halangan lagi.

“Di usahakan kalau tidak penting dan tidak mendesak uang yang telah d setor tidak usah di ambil kembali, biarlah persiapan berangkat tahun depan,”pesanya (02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed