by

KPUD Muratara Lakukan Bimtek Verifikasi Faktual Terhadap PPK Dan PPS Jelang Pilkada 9 Desember 2020

MURATARA- Memasuki Pemilihan Kepala Daerah yang suda di tetapakan pada 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) , mulai melalukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada PPK dan PPS di tujuh Kecamatan wilayah Muratara. Jum’at (26/6/2020)

Dalam tahapan verifikasi faktual untuk calon perseorangan tersebut salah satunya, dilaksanakan di Kecamatan Karang Dapo, yang langsung di arahkan oleh Anggota KPUD Muratara, sekaligus memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Acara yang berlangsung di gedung serba guna Kecamatan Karang Dapo. Bimtek verifikasi faktual calon perseorang yang diikuti PPK/PPS Kecamatan Karang Dapo dan Rawas Ilir itu, yang nantinya kegiatan verivikasi faktual akan mulai dilaksanakan oleh semua PPK dan PPS se-Kabupaten Muratara mulai tanggal 29 Juni hingga 12 Juli 2020 mendatang.

Komisioner KPUD Muratara Devisi SDM dan Parmasi Netty Kherawaty mengatakan, Kegiatan hari ini (red kemarin) pihaknya memberikan Bimtek untuk verifikasi faktual calon perseorangan dalam Pilkada Kabupaten Muratara tahun ini.

Tujuan Bimtek Verifikasi Faktual sendiri diberikan kepada PPS, yakni untuk memberikan arahan kepada semua PPS bagaimana caranya nanti saat melakukan verifikasi faktual jalur perseorang dilapangan, dengan menerapkan protol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

“Dalam pelaksanaanya nanti PPS dalam melakukan verifikasi harus mengukan masker, sarung tangan dan juga mengunakan hand sanitizier, saat kerumah-rumah warga yang mendukung calon perseorangan itu,”jelasnya.

lanjutnya, pelaksanaan verifikasi faktual akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 29 Juni sampai dengan 12 Juli tersebut diharapakan kepada PPK dan PPS yang bertugas harus netral dengan selalu menjaga independensi, integritas.

Tambahnya, Dalam pelaksanaan nantinya PPS yang bertugas akan memberikan laporan secara berjenjang hingga ke KPUD Muratara setiap harinya, semoga semua yang bertugas dapat menjalankan tugasnya sesuai aturan ditengah pandemi covid-19 saat ini, karena pilkada dapat berlangsung bila semua pihak mematuhi prorotokol kesehatan Covid-19. (01)

 

 

  • Penulisa : Apriansyah
  • Editor     : Hengki Pransis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed