by

KPUD Muratara Sosialisasikan Tahapan Pilkada, Ini Tiga Pasangan Calon dan Tahap Daftar

MURATARA-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muratara Sosialisasikan tahapan pencalonan, persyaratan pencalonan, dan syarat calon pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) di Rumah Makan Sederhana, Kelurahan Muara Rupit.

Pilkada di tahun 2020 ini, berdasarkan PKPU Nomor 3 tahun 2013 di ubah terakhir Nomor 1 tahun 2020 tahapan persyaratan yang benar benar telah melengkapi dari calon perorangan.

“Sengaja di undang semua tim dan Parpol dari ketiga Paslon, yakni H Devi Suhartoni-H A Inayatullah, H Akis Ropi Ayub-Baykuni Anwar, dan H M Syarif- H Surian,”kata ketua KPUD Muratara Agus Mariyanto, Senin (24/08/2020)

Agus menjelaskan, secara syarat pencalonan semua peserta bisa mengetahui dan menerima materi pada sosialisasi ini. Diantara syarat para calon ada Ijazah, SKCK dan sebagainya.

“Tidak ada syarat yang begitu sulit. Semua bisa dipenuhi secara mudah,”ujarnya

Dijelasnya, selain syarat yang dapat di akses dan dipahami peserta calon. Ada jadwal tahapan pendaftaran. Berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2020 pendaftaran ada beberapa tahapan.

“Pada tanggal 28 Agustus sampai 3 September pengumuman pendaftaran pasangan calon, tanggal 4-6 September pendaftaran pasangan calon, verifikasi dan di tanggal 4-8 pengumuman dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU untuk memperolah tanggapan dari warga,”jelasnya

Ditambahnya, akan dilakukan verifikasi. Pengumuman dokumen, perbaikan dokumen peserta calon, penetapan peserta calon dan di tanggal 24 September pengundian Nomor urut para calon. Tepatnya di tanggal 9 Desember 2020 kita melakukan pencoblosan. (02)

 

 

  • Penulis : Hengki Pransis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed