by

Melirik Wisata Alam Desa Bukit Ulu, Batu Fosil Purba di Selimuti Bukit Layang, Hingga Ritual Pencucian Keris

MURATARA-Wisata Bukit Layang yang terletak dibagian hulu wilayah Kabupaten Muratara, berbatasan dengan Kabupaten Musi Rawas dan dikelilingi perbukitan serta hutan TNKS, memiliki eksotis beragam budaya di kalangan masyarakatnya.

Bahkan, wisata alam danau tersebut sangatlah terjaga dan masih lestari yang menjadi intan permata tersimpan ditenga perbukitan.

Dibalik keindahan alam dan hamparan permukaan air yang jernih bagi wisatawan dan treveler sangat cocok untuk melihat keindahan alamnya.

Selain objek wisata tersebut, terdapat juga lokasi yang tak kalah menarik. Seperti air terjun kecil di tengah cadas bebatuan, makam keramat kerio agung di puncak bukit, keliling danau dengan kapal pesiar, serta batu fosil purba ukuran raksasa yang terbentuk secara alami.

Namun semua itu, adanya kebudayaan masyarakat desa berupa upacara adat yang dinamakan festival kerio Agung.

Davit pengelola bukit layang menuturkan, setiap tahun di objek wisata ini selalu di adakan festival kerio Agung oleh masyarakat tiga desa, di sekitar danau.

Upacara adat itu dilakukan selama tiga hari tiga malam, seperti pencucian keris pusaka, ziarah makam leluhur, hingga sedekah ramo menjadi tradisi unik yang di warisi warga.

“Kerio agung merupakan sesepuh Desa kami yang cikal bakalnya melahirkan keturunan bagi masyarakat di tiga Desa. Aslinya sesepuh kami berasal dari pulau jawa dari keturunan Majapahit yang merantau ke sini,”ceritanya kepada Wartawan Radarmuratara.com (2/7/2020)

Dia mengaku objek wisata bukit layang saat ini terus di kembangkan pemerintah. Dan menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Muratara.

Ditambahnya, bahwa kepala Dinas pariwisata Sumsel sudah mengunjungi wisata bukit layang. Mereka tertarik dengan wisata alam yang di selimuti budaya. Ada juga batu fosil raksasa yang membentuk relif acak dari jutaan tahun lalu tersimpan disini.

Sekarang banyak warga yang mencari wisata di Muratara, salah satunya di Bukit layang. Lokasinya cukup bagus dan menarik, tinggal di poles lagi saja. Dia mengaku untuk wisata di daerah ini sangat dia rekomendasikan untuk di kunjungi. Karena sangat menarik dan terjangkau akses penghubung. (02)

 

Penulis :Hengki Pransis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed