by

Mengenal Sosok Wabup Muratara, Sejak Dilantik Hingga Kini Selalu Senang Menyapa Warga

MURATARA-Sosok pemimpin di masyarakat sangatlah memberikan kebahagian dan penghargaan bagi masyarakat desa. Hal itulah yang membuat sosok H. Devi Suhartoni atau Wakil Bupati Muratara yang selalu mempertahankan budayanya menyapa masyarakat.

Kita ketahui sejak dilantik pada 17 Feburi 2016 silam pasangan H. Syarif Hidayat-H. Devi Suhartoni sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muratara, ada yang membedakan keduanya selama menjabat.

Dimana H. Devi Suhartoni, putra Rawas Ilir yang dibesarkan dari keluarga sedergana memiliki jiwa yang lugas, tegas dan suka berbaur pada kalangan manapun.

Hal itu, dirasakan oleh masyarakat Muratara selama dirinya menjabat sebagai wakil bupati yang selalu hadir ditenga-tenga masyarakat dan menjaga silahturahminya.

Tanpa terkeculi, pasilitas yang mewah rumah yang megah yang ia miliki dirinya abaikan selama ia menjabat Wakil Bupati demi menjalankan abdinya sebagai pemimpin dan tinggal di Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit di rumah Dinas Pemda Muratara.

Selain itu, dihari setiap di hari Jumat selain melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim melaksanakan solat Jum’at. Bersamaan itu,  dirinya menyempatkan diri menyapa warganya.

Orang dengan sapaan akrapnya HDS ini, menunaikan solat jumat berpinda pinda tempat di wilayah Kabupaten Muratara. Dengan tujuan dapat bersilahturahmi, menyapa sekaligus menyerap aspirasi dari warga desa.

Seperti cerita Taufik warga Karang Jaya, mengatakan bahwa dirinya sudah lama mengenai beliau H Devi Suhartoni, dan melihat serta mengetahui betul selama beliau menjabat wakil bupati selalu menyempatkan diri menyapa warga.

“Entah itu, diwaktu siang malam maupun dihari libur kerja. Ia sering keliling-keliling desa di Muratara ini. Menyapa dan berailahturahmi pada masyarakat,” katanya

Hal yang wajar, saat saya tanya walaupun dirinya orang Rawas ilir namun hapal nama-nama desa di Karang Jaya bahkan desa-desa yang ada di Kabupaten Muratara ini.

“Ada 82 desa 7 Kelurahan di Muratara ini. Dirinya hapal bahkan mengetahui griografis pedesaan. Inilah pemimpin yang kami rasakan kehadiranya pada masyarakat,” ujarnya, Rabu (22/7/2020)

Disisi lain, Lukman warga Setia Marga bahwa pihaknya sebagai masyarakat sangat terasanya adanya pemimpin seperti H. Devi Suhartoni yang lebih mengutamakan daerah dan berbaur kepada masyarakatnya.

“Kedwkatan dengan masyarakat inilah yang kami harapkan dari pemimpin. Apa yang menjadi keluhan dan aspirasi warga ditampung belaiu dan diberikanya arahan. Bahakn taksulit dan berteleh-teleh saat ingin bertemu,” katanya

Dikesempatan lain, H.Devi Suhartoni saat berbincang-bincang dengan masyarakat rawas ulu dan nibung di Kelurahan Muara Rupit memberikan masukan agar masyarakat di serba sulit saat ini tetap bahu membahu dalam menjaga keamanan.

“Apa lagi sekarang kita sudah memiliki Kapolres Muratara sendiri yang saat ini berada di Desa Noman. Warga aktif koordinasi dengan pihak kpolisian agar saling membantu dalam menjaga keamanan,” pintanya

Disimpang itu dirinya juga, menyampaikan bahwa 2020 ini tahun politik pemilihan kepala daerah yang akan menentukan nasib Muratara 5 tahun kedepan untuk pemimpin yang baru.

Bahkan saat dirinya ditanya, mengatakan sebagai pimpinan sudah kewajiban bagi mereka melihat dan memperhatikan rakyatnya.

“Apa yang menjadi keluhan warga harus diberikan solusi. Selain itu, warga juga pasti senang bisa bicara langsung dengan pemimpin mereka,” turupnya, sambil menambahkan dengan nada bergurau kecuali warga yang banyak rasan. (02)

Penulis : Hengki Pransis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed