by

Meski di Tengah Pandemi Covid19, Dispora Sukses Kibarkan Sangsaka Merah Putih

MURATARA-Kenaikan dan penurunan bendera merah putih pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 tahun di Kabupaten Muratara diselenggarakan sesederhana mungkin karena masi dalam pandemi Covid19.

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), yang dikibarkan oleh 3 orang anggota Paskibraka binaan dari Dinas Pemuda dan Olahragah (Dispora) Muratara berjalan dengan sukses.

Upacara Peringatan HUT RI ke-75 digelar terbuka ini bertempat di halaman Kantor Bupati Muratara, sekitar pukul 08.00 Wib, dengan jublah peserta terbatas.

Prosesi pengibaran bendera merah putih berlangsung sukses dan lancar, dimana bertindak sebagai inspektur sekaligus Pemimpin Upacara Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat, Komandan Upacara Kampten Maryono Danramil Rupit. Sementara Perwira Upacara Kompol Hermansyah

Foto Bersama : Kabid Pemuda, Supriyanto, bersama tiga pengibar bendera, dan pelatih

Dalam prosesi upacara pengibaran bendera merah putih sendiri yang bentuk sebagai penggerek bendera Aldi Deta Saputra, pembentang bendera Wndo dan pembawa baki Abiyyah Ibtihal.

Sedangkan dalam proses penurunan bendera merah putih bertindak sebagai pengerek bendera M. Zaki Yansyah, pembawa baki soreh Rizka Putri Ananda dan penangkap soreh Arian Gunawan.

Diperoses upacara pengibaran dan penurunan bendera tersebut dilaksanakan sesederhana mungkin dengn mengikuti protokol Covid dan secara singkat.

Sedangkan detik-detik proklamasi jajaran, pejabat tinggi Muratara, Bupati, Kapolres, kepala OPD dan Camat menyaksikan melalui media vertual menyaksikan proses HUT RI di istana periden Republik Indonesia.

Sedangkan sekitar pukul 13.00 wib habis menyaksina peringatan upacara HUTRI di istana peresiden RI, jajaran kepala OPD menuju makam pahlawan yang ada di Kelurahan Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu guna memberikan tanda penghormatan pada jasa pahlawan dan kepada peteran yang sudah lanjut usia.

Kepala Dispora, Ir Erdius Lantang memberikan arahan

Kepala Dispora Kabupaten Muratara, Ir Erdius Lantang melalui Kabid Pengembangan Pemuda, Supriyanto mengatakan, setiap peringatan HUTRI adalah bagian tanggung jawab dari Dispora petugasnya, namun adanya pandemi Covid19 ini, pasukan pengibar bendera hanya dilakukan oleh 3 orang yang sudah menjadi kententuan.

“Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) RI dan Surat Kemenpora. Memang tidak diizinkan menggunakan pasukan 17-8-45. Jadi, disederhanakan menjadi 3 orang saja. Dan Alhamdulillah berjalan sukses dan lancar,” ujarnya, Senin (17/08/2020)

Ia mengatakan, dalam Surat Edaran tersebut juga ditentukan undangan dan peserta upacara juga disederahakan. Undangan upacara HUT RI juga dibatasi, dan hanya terdiri dari TNI/POLRI dan PNS. Untuk PNS sendiri hanya terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Badan dan pejabat Esselon III.

“Karena dalam pelaksanaan ini ada wabah Covid-19. Maka protokol kesehatan tetap menjadi panduan. Sehingga pelaksanaan HUT RI ke-75 di Kabupaten Muratara, termasuk jumlah Paskibra hanya menggunakan 3 orang saja. Baik saat menaikkan maupun penurunan bendera” paparnya.

Supriyanto menyebut, untuk pasukan pengibar bendera sendiri merupakan hasil seleksi. Dimana sebelumnya Dispora Muratara telah melakukan seleksi paskibra di 7 Kecamatan, dimulai sejak 7 Februari lalu.

“Sejak 11-08 2020 lalu petugas pengibar bendera bahkan telah melaksanakan latihan dan pengukuhan pasukan pengibar bendera oleh Gubernur melalui virtual di kantor Gubernur. Dan adanya pelatihan, paskibra betul – betul siap menjalankan tugasnya pada 17 Agustus nanti,’ujarnya

Terpisa, Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat, menghimbau sesuai tema HUTRI yang ke75 indonesia maju dapat membangun Musi Rawas Utara yang kedepan lebih baik lagi.

“Kita tetap menghimbau diperingaran HUT RI ke-75 ini, agar masyarakat tetap menjaga keselamatan dan protokol covid19,”Pungkasnya (Adv/03)

 

 

  • (Penulis : M Arsal, Wartawan Muratara, Editor : Hengki Pransis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed