by

Siasati Kekuarangan Penyuluh PNS Dengan Tenaga TKS

MURATARA-Dari 82 Desa dan 7 Kelurahan, Dispertanikan cukup kekualahan dalam menyikapi kebutuhan penyuluhan.

Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanikan) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) saat ini jumlah tenaga PNS penyuluh di Dispertanikan berjumlah 7 orang yang kesemua itu penyuluh senior, yang kedudukan mereka kepala BPP setempat.

Seperti yang katakan Kepala Dispertanikan Ir Suhardiman melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Penyuluhan Ade Meiri dengan kondisi jumlah penyuluh PNS yang kurang, sedikit kekualahan, namun tidak membuat pekerjaan terhenti begitu saja.

“Penyuluh ini kewenangan ada di daerah,mungkin ditahun ini ada pengangkatan dari Kementrian,”kata Ade Meiri belum lama ini.

Lanjutnya, mengingat di Muratara potensi pertanian sangat baik. Semisal saja di Rawas Ilir, disana sangat bagus penanaman padi. Nah setiap gapoktan perlu keberdaan penyuluh yang statusnya PNS.

Ia mengatakan, untuk saat ini pihaknya punya siasat dengan memberdayakan tenaga TKS. Dengan berjumlah 89 orang, satu Desa/Kelurahan satu orang.

“Dan sekarang ada tambahan Penyuluh pendamping yang statusnya honor yang dilakukan oleh Propinsi. Untuk penempatan mereka ada di Muratara dan tempat lain,”Pungkasnya (02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed